YDSF Selenggarakan Sekolah Manajemen Masjid Indonesia (SMMI)

28-03-2021

Dalam meningkatkan layanan bagi jamaah masjid, serta menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, YDSF mengadakan Sekolah Manajemen Masjid Indonesia (SMMI) wilayah Jember yang dilakukan via zoom, Ahad (28/03/2020).

Dalam acara kali ini menghadirkan pemateri dari Tim Takmir Masjid Jogokariyan, Jogjakarta (Masjid yang pernah viral dengan pengelolaan dana masjid yang efektif dan berdampak untuk masyarakat sekitar) serta Prof. Dr. Kiai. M. Noor Harisudin M.FII. I yang merupakan Dekan fakultas syari'ah UIN KH. AHMAD SIDDIQ, Jember.

Beberapa hal yang dibahas dalam acara SMMI mengenai bagaimana konsep dan implementasi manajemen masjid, pengelolaan keuangan masjid yang efektif serta membuat silabus pengembangan dakwah untuk program masjid.

Ustadz Syubban Rizali Noor, Selaku tim masjid Jogokariyan menuturkan "bahwa masjid semestinya dapat memberi solusi berbagai problem ummat, sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pada masa Rasulullah. Untuk menjadi pusat kegiatan masyarakat, pengelola masjid (takmir masjid) perlu berbenah, dengan meningkatkan pelayanan bagi jamaah".

Begitupun Ustadz Muhammad Noor Harisuddin, beliau menuturkan bahwa seharusnya masjid dapat dijadikan poros peradaban saat ini, khususnya generasi milenial. Masjid dapat memanfaatkan media yang ada seperti Facebook, YouTube, Instagram bahkan tiktok. Sebagai media dakwah masjid di era milenial ini.

Dengan terselenggaranya Sekolah Manajemen Masjid, diharapkan para Takmir Masjid dapat mengelola dan memberikan pelayanan kepada jamaahnya secara lebih baik, sehingga jamaah masjid juga semakin nyaman dan meningkat.

###
YDSF bergerak di beberapa sektor seperti yatim, pendidikan, kemanusiaan, rumah Qur'an, dakwah, serta pembangunan masjid.

Mari bergabung bersama YDSF untuk menjadi jejaring kebaikan dengan menjadi donatur rutin, insya Allah akan menjadi amal jariah kita kelak di akhirat.

Infaq dan sedekah bisa langsung di transfer ke rekening BRI Syariah nomor 77.00.000.000 atau Bank Mandiri Syariah nomor 703.996.999.2, atas nama Yayasan Dana Sosial Al Falah.

Atau bisa menghubungi petugas kami 0811-350-3151