Tidur Sehat Menurut Islam

26-01-2022

Tidur Sehat Menurut Islam | Pentingnya tidur bagi kesehatan kita telah dikabarkan oleh Allah dalam firman-Nya.

“Dan karena rahmat-Nya Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur” (QS. Al-Qashash 73). Di tulisan sedikit mengulas tidur sehat menurut Islam. 

Dalam jurnal The Archives of Internal Medicine dikatakan bahwa kurang tidur rentan terserang penyakit atau gangguan kesehatan. Karena itu, tidur yang cukup merupakan cara paling ampuh untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.

Dalam studi tersebut para peneliti mengamati 153 pria dan wanita selama dua pekan untuk mengetahui kualitas dan durasi tidur mereka. Lalu, selama 5 hari para responden tersebut dikarantina dan dipapar dengan virus flu. (Baca juga: Buang Air Kecil Menurut Sunnah)

Tidur Sehat Menurut Islam, tidur sehat berapa jam?

Ternyata mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam tiga kali lebih rentan sakit dibanding dengan mereka yang jam tidurnya rata-rata 8 jam. (www.islampos.com)

Kurang tidur bisa memicu terjadinya penyakit jantung, menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga gampang sakit dan stres, menurunnya performa seks karena dipengaruhi oleh rasa lelah, kantuk, juga berakibat menurunnya hormon testosteron dalam tubuh menyebabkan masalah disfungsi ereksi.

Menurunnya daya ingat dan konsentrasi karena kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi menurun. Saat kurang tidur, kulit akan terlihat pucat dan mata pun tampak bengkak.

Bila dibiarkan bisa memicu tanda penuaan dini, seperti munculnya keriput atau kerutan di sekitar mata. Kurang tidur juga sering menyebabkan sakit kepala. (Baca juga: Agrowisata Durian di Jember, Potensi Mendunia)

Awas, Ini Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan

Sebagaimana kurang tidur bisa membahayakan kesehatan, kebanyakan tidur juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bisa memicu terjadinya obesitas, diabetes, sakit kepala, sakit punggung, dan juga sakit jantung.

Untuk menghindari dampak tidur terlalu lama, kita harus mempraktikkan pola tidur yang baik. Para ahli merekomendasikan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, menghindari minuman berkafein dan alkohol, cukup olah raga, dan menciptakan ruangan tidur yang kondusif untuk menjaga pola tidur yang baik.

Misalnya seperti mematikan lampu atau redupkan, menonaktifkan TV, komputer, dan ponsel. Juga hindari tidur siang yang kelamaan. (Baca Juga: Pemuda Bondowoso Merawat Ayah Tunanetra)

Ini Pola Tidur Sehat Sesuai Usia

Ada perbedaan berapa jam durasi tidur yang normal untuk setiap orang. National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik untuk masing-masing kelompok usia sebagai berikut (dikutip dari hellosehat.com):

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari.
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari.
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari.
  • Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari.
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Tidur sehat menurut Islam, Agar Bernilai Ibadah 

Durasi tidur normal sekitar 8 jam setiap hari bukanlah waktu yang sedikit, itu adalah sepertiga dari waktu keseharian kita yang jumlahnya 24 jam. (Baca juga: Niat Memajukan Kampung Muncar Banyuwangi Hampir Terkabul)

Hampir sama dengan durasi waktu kerja kita dalam sehari, dan melebihi durasi waktu shalat 5 waktu kita setiap hari.

Oleh karena itu mari jadikan durasi tidur kita sebagai bagian dari ibadah yang berpahala, di samping kita mendapatkan manfaat rehat dan sehat. Bagaimana supaya tidur kita bernilai ibadah? Begini tidur sehat menurut Islam. 

Simak petunjuk Rasulullah saw. Berikut. Sucikanlah jasad kalian, niscaya Allah akan mencucikan kalian, karena tidakklah seorang hamba yang tidur dalam keadaan suci (berwudhu) kecuali malaikat bermalam bersamanya. Tidaklah ia bangun kapanpun di malam hari, kecuali malaikat akan berdo’a, Ya Allah, ampunilah hambaMu ini, karena ia tidur dalam keadaan suci." (HR. Thabrani, dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani).

Hantarkan tidur kita dengan zikir dan berdoa, agar tidur kita tenang dan aman. Karena kita tetap berada dalam lindungan Allah Ta’ala. Inilah pesan Nabi Muhammad tidur sehat menurut Islam. (Baca juga: Sembuh Sakit Dengan Sedekah | Irma Sulistyowati, Profil Donatur Situbondo

Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah seseorang berbaring di pembaringannya, lalu ia membaca sebuah surat dari al-Qur’an, kecuali Allah akan mengirim untuknya malaikat untuk menjaganya dari segala hal yang bisa membahayakannya sampai kapanpun ia terbangun” (HR. Ahmad, dan dishahihkan Imam adz-Dzahabi)

Oleh oleh Hasan Bishri, Lc, Direktur Graha Ruqyah Salemba, Jakarta

###

Warga lereng Semeru masih memerlukan dukungan kita. Pada 15 Januari 2022, YDSF Jember telah mendistribusikan bantuan 175 Paket Pendidikan untuk anak-anak penyintas bencana erupsi Semeru. Paket ini terdiri dari buku paket, buku tulis, alat tulis, tas, sepatu, kaos kaki, topi, dan dasi. Pusat distribusi tertuju pada tenda sekolah darurat yang terletak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Donasi Kemanusiaan

BSI No.703-996-9992

Atas nama Yayasan Dana Sosial Al Falah

Call center: 0811-350-3151

Klik sini untuk selengkapnya: Paket Pendidikan Anak-anak Lereng Semeru  

Foto: pixabay